Terinspirasi Dari Film The Hunger Games, Salam Tiga Jari Jadi Simbol Gerakan Demokrasi

Terinspirasi Dari Film The Hunger Games, Salam Tiga Jari Jadi Simbol Gerakan Demokrasi - dawuh guru
Gambar: CNN

Oleh: Siska Nanda Safitri, (Jamaah Muhibbin Ning Atikoh Ganjar Nusantara)

Salam tiga jari Ganjar Pranowo, kini menjadi tren di media sosial. Gerakan yang menunjukkan dukungan kepada Ganjar sebagai calon presiden kini menjadi viral dan menjadi sorotan publik. Salam tiga jari Ganjar Pranowo sejatinya adalah gerakan yang dilakukan oleh pendukung Ganjar untuk menunjukkan dukungan mereka kepada calon presiden tersebut. Gerakan ini dilakukan dengan mengacungkan tiga jari ke atas, dengan jari telunjuk, jari tengah, dan jari manis menunjuk ke atas.

Sebagaimana dilansir dari akun TikTok Ganjar Pranowo, Jumat (24/11), Ganjar dan pendukungnya mengenakan pakaian hitam dan ikatan bendera merah putih di tangan, berpose dengan mengacungkan tiga jari. Pose ini diunggah di akun Instagram resmi Ganjar Pranowo dan menjadi viral. Aksi salam tiga jari yang dilakukan oleh Ganjar Pranowo dan para pendukungnya dalam sebuah video yang diunggah di media sosial telah menarik perhatian banyak orang. Aksi ini mengundang penasaran dan perbincangan luas terkait arti dan inspirasi dari pose yang tampaknya familiar seperti dalam film The Hunger Games. Dalam video tersebut, Ganjar Pranowo mengangkat tangan kanannya ke atas dan membentuk pose tiga jari, diikuti oleh para pendukungnya. Jari tengah dan jari manis mengacung ke atas, sementara jari jempol dan kelingking berada di bawah dengan posisi saling bersentuhan.

Sementara dalam keterangan Ganjar melalui akun media sosialnya menuliskan keterangan tiga jari tiga janji pada unggahannya. “Tiga jari tiga janji: taat pada Tuhan, patuh pada hukum, dan setia pada rakyat,” tulis Ganjar di akun Instagram pribadinya, dikutip Jumat (24/11/2023). Juru Bicara Tim Pemenangan Nasional Ganjar-Mahfud, Pangeran Siahaan menjelaskan bahwa makna dibalik gestur salam tiga jari ini memiliki kedalaman yang lebih dari sekedar referensi film The Hunger Games.

Baca Juga  Melihat Kedekatan Ganjar Pranowo Dengan Abuya Muhtadi Banten

Pihaknya menyebut bahwa gerakan tersebut terinspirasi oleh gerakan demokrasi di berbagai belahan dunia khususnya dalam konteks aktivisme demokrasi yang terjadi di negara-negara seperti Thailand dan Myanmar. Kehadiran simbol salam tiga jari ini bukan semata-mata sebagai pengingat angka nomor urut tiga dalam Pemilu 2024 melainkan sebagai bentuk komitmen dan janji dari pasangan Ganjar Mahfud yang taat pada Tuhan, patuh pada hukum, dan setia pada rakyat.

Sebagai informasi yang disarikan dari berbagai sumber, salam tiga jari ini pertama kali muncul pada tanggal 20 Februari 2023, saat Ganjar Pranowo melakukan kampanye di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Saat itu, Ganjar mengajak para pendukungnya untuk melakukan gerakan ini sebagai simbol dukungan terhadapnya. Ganjar sendiri belum pernah menjelaskan secara resmi makna dari salam tiga jari ini. Namun, para pendukungnya memiliki interpretasi masing-masing tentang makna gerakan tersebut.

Tinggalkan Balasan