Dawuh Nyai. Hj. Noor Khodijah Khasbullah tentang Tirakat Seorang Istri

Dawuh Nyai. Hj. Noor Khodijah Khasbullah tentang Tirakat Seorang Istri

“Tirakatmu menentukan masa depan suamimu.”

Nyai. Hj. Noor Khodijah Khasbullah (Istri KH. M. Bisri Syansuri)

“Nasihat Bijak Nyai Hj. Noor Khodijah Khasbullah: Pentingnya Tirakat dalam Membentuk Masa Depan Suami”. Peran seorang istri dalam keluarga sangatlah penting, salah satunya adalah membantu suaminya dalam mencapai keberhasilan dan kesuksesan di dunia dan akhirat. Namun, terkadang sebagai istri, kita terlalu fokus pada peran domestik saja dan melupakan pentingnya membangun diri sendiri agar bisa memberikan kontribusi yang lebih besar dalam membangun keluarga.

Nyai Hj. Noor Khodijah Khasbullah, istri dari KH. M. Bisri Syansuri, memberikan nasihat bijak bahwa tirakat atau usaha keras yang dilakukan oleh seorang istri, akan menentukan masa depan suaminya. Tirakat di sini bukan hanya merujuk pada ibadah, namun juga mencakup usaha untuk meningkatkan diri dan keterampilan yang bisa berguna dalam membantu suami mencapai kesuksesan.

Sebagai istri yang baik, kita tidak hanya berkewajiban untuk memenuhi kebutuhan keluarga secara materi, namun juga berkewajiban untuk membantu suami mencapai tujuan hidupnya. Oleh karena itu, kita perlu memiliki tekad dan semangat yang kuat untuk membangun diri sendiri dan meningkatkan keterampilan yang bisa berguna untuk membantu suami.

Kita bisa memulai dengan belajar sesuatu yang baru, mengikuti kursus atau pelatihan, membaca buku, atau mengikuti kegiatan sosial yang bisa membantu meningkatkan keterampilan dan kemampuan kita. Selain itu, kita juga perlu berusaha untuk membangun hubungan yang lebih baik dengan Allah, agar kita bisa mendapatkan berkah dan rahmat dari-Nya dalam membangun keluarga.

Namun, perlu diingat bahwa tirakat yang dilakukan oleh seorang istri bukanlah untuk menunjukkan kelebihan atau superioritas di hadapan suami. Tirakat yang dilakukan harus dilakukan dengan niat yang tulus untuk membantu suami mencapai tujuan hidupnya dan menjalankan peran sebagai istri yang baik.

Baca Juga  Quotes Gus Dur tentang Kepemimpinan Sederhana

Dalam pandangan Islam, seorang istri adalah mitra hidup suaminya yang harus saling membantu dan mendukung satu sama lain. Oleh karena itu, penting bagi kita sebagai istri untuk berusaha meningkatkan diri agar bisa memberikan kontribusi yang lebih besar dalam membangun keluarga.

Dalam kesimpulannya, nasihat bijak dari Nyai Hj. Noor Khodijah Khasbullah tentang pentingnya tirakat dalam membentuk masa depan suami sangatlah penting. Tirakat yang dilakukan oleh seorang istri akan menentukan masa depan suaminya, oleh karena itu, kita perlu memiliki tekad dan semangat yang kuat untuk membangun diri sendiri dan meningkatkan keterampilan yang bisa berguna untuk membantu suami mencapai tujuan hidupnya. Semoga kita semua bisa menjadi istri yang baik dan mampu membantu suami mencapai kesuksesan dan keberhasilan di dunia dan akhirat.

Tinggalkan Balasan