Dawuh Habib Jamal bin Thoha Baagil

“Sesuatu yang paling hina dalam berumah tangga adalah istri berani pada suami.”

Habib Jamal bin Thoha Baagil

“Nasihat Bijak Habib Jamal bin Thoha Baagil: Pentingnya Kehormatan dalam Berumah Tangga”. Perkawinan adalah sebuah ikatan suci yang diikrarkan oleh dua individu yang saling mencintai dan saling membutuhkan. Di dalam hubungan suami-istri, kehormatan dan rasa saling menghargai antara keduanya sangatlah penting untuk menjaga keharmonisan rumah tangga.

Namun, seringkali dalam kehidupan sehari-hari, terjadi situasi dimana seorang istri bisa saja berbicara dengan nada tinggi atau bahkan berani pada suaminya. Hal ini tentu saja bisa merusak keharmonisan hubungan suami-istri. Sebab, ketika seorang istri berani pada suaminya, maka ia telah melanggar batas kehormatan dan rasa saling menghargai antara keduanya.

Habib Jamal bin Thoha Baagil memberikan nasihat bijak bahwa sesuatu yang paling hina dalam berumah tangga adalah istri berani pada suaminya. Ia ingin menyampaikan bahwa kehormatan antara suami-istri harus tetap terjaga agar hubungan mereka tidak rusak.

Kehormatan di sini bukanlah merujuk pada status atau jabatan masing-masing pasangan dalam keluarga, melainkan mengenai rasa saling menghargai dan menjaga batas antara keduanya. Ketika istri berbicara dengan nada tinggi atau berani pada suaminya, maka ia telah melanggar batas kehormatan dan rasa saling menghargai antara keduanya.

Dalam pandangan Islam, suami adalah pemimpin dalam keluarga yang bertanggung jawab atas kebutuhan dan kesejahteraan keluarga. Namun, hal ini bukan berarti bahwa istri tidak memiliki hak untuk berbicara dan menyampaikan pendapatnya. Sebaliknya, dalam Islam, suami dan istri harus saling memberikan hak dan kewajiban yang sama.

Oleh karena itu, penting bagi pasangan suami-istri untuk saling menghormati dan menghargai satu sama lain dalam berbicara dan bertindak. Sebagai istri, hendaknya selalu berbicara dengan sopan dan lembut kepada suaminya, dan sebagai suami, hendaknya selalu mendengarkan dan memperhatikan pendapat istri.

Baca Juga  Dawuh Habib Jamal bin Thoha Baagil

Dalam kesimpulannya, nasihat bijak dari Habib Jamal bin Thoha Baagil tentang pentingnya kehormatan dalam berumah tangga sangatlah penting. Sebab, kehormatan dan rasa saling menghargai antara suami-istri adalah kunci untuk menjaga keharmonisan hubungan mereka. Ketika istri berani pada suaminya, maka ia telah melanggar batas kehormatan dan rasa saling menghargai antara keduanya. Oleh karena itu, sebagai pasangan suami-istri, hendaknya selalu saling menghargai dan menjaga kehormatan dalam berbicara dan bertindak.

Tinggalkan Balasan