Selain Gelang Kesehatan Canggih, Ini 8 Fasilitas Jamaah Haji Lainnya

Jamaah haji Indonesia mendapatkan fasilitas gelang kesehatan canggih. Fasilitas ini berfungsi memantau kondisi kesehatan jamaah haji berbasis teknologi canggih. Sehingga, kondisi kesehatan jamaah haji Indonesia terpantau secara efektif tanpa batas waktu dan tempat.

“Fasilitas ini berbentuk tele jamaah, tele petugas, wrist band (gelang) atau smart watch (jam tangan) yang akan digunakan oleh jamaah haji berisiko tinggi. Kondisi kesehatan jamaah haji akan dipantau oleh petugas melalui teknologi tinggi,” kata Kepala Pusat Kesehatan Haji dr Budi Sylvana, dikutip dari NU Online pada Sabtu (2/7/2022).

Selain gelang kesehatan canggih, setidaknya ada 8 fasilitas yang disediakan untuk jamaah haji Indonesia. Di antara 8 fasilitas lainnya adalah paket kesehatan dokter canggih, rompi pendingin, aplikasi haji, bus sholawat, fast track, makanan nusantara, tenda wukuf ber-AC, dan skuter.

Paket kesehatan dokter canggih meliputi paket kesehatan termasuk obat-obatan dan dokter spesialis yang diperuntukkan untuk melayani jamaah. Sedikitnya ada 173 jenis obat-obatan dan 45 macam pembekalan kesehatan. Fasilitas kesehatan pendukung lainnya meliputi tisu basah, masker, cairan semprot wajah, kantong kencing dan seterusnya.

Rompi pendingin termasuk fasilitas jamaah haji yang diperuntukkan untuk penanganan heat stroke yang dialami jamaah haji, serta diperuntukkan juga untuk digunakan petugas haji yang bertugas di Armuzna.

Selain itu ada aplikasi haji untuk memudahkan jamaah haji mendapatkan informasi seputar kesehatan dan ibadah haji. Aplikasi ini diantaranya adalah Haji Pintar dan Peduli Lindungi. Sementara bus shalawat untuk melayani transportasi peserta dari hotel ke Masjidil Haram selama 24 jam.

Sementara fast track merupakan fasilitas keimigrasian yang disediakan pemerintah Arab Saudi untuk jamaah haji Indonesia dan makanan nusantara adalah menu konsumsi bagi jamaah haji Indonesia yang disediakan sebanyak 3 kali sehari dengan menu khas nusantara disertai dengan buah-buahan dan air mineral.

Tenda wukuf ber-AC merupakan fasilitas jamaah haji saat berada di Arafah menjalankan ibadah wukuf. Tenda jamaah haji akan disediakan pendingin ruangan agar mereka tidak khawatir saat berwukuf.

Dan terakhir adalah skuter elektrik yang dapat dimanfaatkan jamaah haji saat melaksanakan thawaf dan sai di Masjidil Haram.

Rekomendasi