Zakat Fitrah Disebut Juga Dengan Zakat


Notice: Trying to get property 'post_excerpt' of non-object in /home/dawuhgur/domains/dawuhguru.co.id/public_html/wp-content/themes/wpberita/template-parts/content-single.php on line 98

Zakat fitrah disebut juga dengan zakat nafs (jiwa). Dalam Islam, zakat fitrah wajib dilakukan umat Islam menjelang hari raya idul Fitri pada bulan ramadhan. Zakat fitrah sendiri adalah zakat yang menyucikan harta zakat fitrah wajib dikeluarkan sebelum sholat idul Fitri berlangsung.

Zakat fitrah disebut juga dengan zakat nafs (jiwa). Dalam Islam, zakat fitrah wajib dilakukan umat Islam menjelang hari raya idul Fitri pada bulan ramadhan.

Zakat merupakan salah satu konsep penting dalam Islam dan menjadi bagian dari lima rukun Islam. Oleh Karena itu Zakat fitrah disebut juga dengan zakat Nafs (jiwa), yaitu zakat yang wajib dilakukan oleh setiap muslim ketika menjelang Idul Fitri pada bulan suci Ramadan.

Benda atau barang yang digunakan untuk membayar zakat fitrah adalah

Zakat Fitrah Disebut Juga Dengan Zakat

Benda atau barang yang digunakan untuk membayar zakat fitrah adalah berupa makanan pokok. Zakat fitrah harus dibayar berupa makanan pokok. Karena di Indonesia makanan pokoknya adalah beras, maka yang dibayarkan zakatnya berupa beras.

Hukum mengeluarkan zakat fitrah adalah

Zakat Fitrah Disebut Juga Dengan Zakat

Hukum mengeluarkan zakat fitrah adalah wajib. Tapi, apakah zakat fitrah ini berlaku untuk setiap muslim? Tentunya tidak. Zakat fitrah hanya wajib ditunaikan oleh:

  1. Setiap muslim, karena untuk menutupi kekurangan puasa yang diisi dengan perkara sia-sia dan kata-kata kotor,
  2. Yang mampu mengeluarkan zakat fitrah.

Batasan mampu di sini, menurut mayoritas ulama, adalah yang memiliki kelebihan makanan bagi dirinya dan yang diberi nafkah pada malam dan siang hari ‘ied. Orang seperti inilah yang dikatakan wajib untuk mengeluarkan zakat fitrah.

Baca Juga  Berapa Rakaat Mengqodho Sholat Maghrib di Waktu Isya?

Orang yang berhak menerima zakat disebut Mustahik

Zakat Fitrah Disebut Juga Dengan Zakat

Zakat adalah bagian tertentu dari harta yang wajib dikeluarkan oleh setiap umat Islam dengan syarat telah mencapai syarat yang ditetapkan. Sementara, orang yang berhak menerima zakat disebut mustahik, sedangkan orang yang mengeluarkan zakat disebut zakki.

Zakat harta disebut juga dengan zakat maal

Zakat Fitrah Disebut Juga Dengan Zakat

Zakat maal atau zakat harta adalah zakat yang wajib dikeluarkan umat Islam ketika hartanya sudah mencapai nisab dan haulnya. Nisab adalah syarat minimal harta yang dapat dikategorikan sebagai wajib zakat.

Zakat Nafs adalah zakat fitrah

Zakat Fitrah Disebut Juga Dengan Zakat

Zakat Nafs adalah Zakat fitrah, yaitu zakat yang wajib dilakukan oleh setiap muslim ketika menjelang Idul Fitri pada bulan suci Ramadan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *