Hukum Umrah Menjadi Sunnah Apabila Telah Melaksanakan

Hukum Umrah Menjadi Sunnah Apabila Telah Melaksanakan

Hukum Umrah Menjadi Sunnah Apabila Telah Melaksanakan | Ibadah umroh dan haji secara sekilas terlihat sama. Bagi yang tidak mendalami agama Islam, mungkin tidak tahu di mana letak perbedaannya. Dari hukumnya saja, kedua ibadah ini memiliki perbedaan yang jelas. Ibadah haji masuk ke dalam rukun Islam, tepatnya rukun Islam yang kelima. Jadi hukum berhaji adalah wajib bagi yang mampu. Yang dimaksud mampu di sini meliputi kemampuan dari segi finansial, maupun kesehatan fisik dan mental.

Sedangkan untuk hukum umroh sendiri secara luas dianggap sunnah. Artinya, ibadah umroh bukanlah suatu jenis ibadah yang harus dilakukan. Makna umroh hampir sama dengan berziarah atau berkunjung ke rumah Allah (Baitullah). Jadi jika melaksanakan umroh akan melengkapi ibadah kita dan menambah pahala.

Meski begitu, di kalangan ulama masih ada perbedaan pendapat mengenai hukum ibadah umroh. Menurut Mazhab Hanafi dan Mazhab Maliki, keduanya sepakat bahwa hukum umroh adalah sunnah. Inilah yang banyak diikuti oleh umat Islam di Indonesia. Jadi umroh sunnah bagi yang mampu melaksanakannya. Kalaupun tidak dikerjakan oleh umat Islam yang mampu, maka tidak akan menimbulkan dosa.

Sedangkan menurut Madzhab Syafi’iy dan Mazhab Hanbali, hukum ibadah umroh adalah wajib bagi yang mampu melaksanakannya. Terdapat perbedaan besar di sini. Karena artinya bagi umat Islam yang sudah mampu melaksanakan ibadah umroh tapi tak kunjung melakukannya, maka ia akan berdosa.[1]

Apakah umrah hukumnya sunnah?

Hukum Umrah Menjadi Sunnah Apabila Telah Melaksanakan

Hukum umrah adalah sunah. Umrah dianggap sebagai penyempurna ibadah.

Apakah hukum melaksanakan haji dan umroh?

Hukum Umrah Menjadi Sunnah Apabila Telah Melaksanakan

Hukum melaksanakan haji adalah wajib atau fardu ‘ain bagi umat Islam yang telah memenuhi syarat haji serta mampu secara finansial, fisik, dan mental. Sementara hukum melaksanakan ibadah umroh adalah sunnah.

Baca Juga  Mengelilingi Ka'bah Di Baitullah Sebanyak Tujuh Kali Merupakan Pengertian

Bagaimana hukum melaksanakan umrah bagi umat Islam jelaskan?

Hukum Umrah Menjadi Sunnah Apabila Telah Melaksanakan

Mengutip Fikih Sunnah Jilid 3 karya Sayyid Sabiq, ulama Mazhab Malikiyah dan sebagian ulama Mazhab Hanafiyah menyebut, hukum umrah bagi umat muslim adalah sunnah muakkad untuk dikerjakan sekali seumur hidup. Artinya, pengerjaaan ibadah sunnahnya yang sangat dianjurkan.

Apa itu umrah wajib dan umrah sunnah?

Hukum Umrah Menjadi Sunnah Apabila Telah Melaksanakan

Umrah wajib, yaitu umrah yang dilaksanakan dalam rangkaian ibadah haji dan dilaksanakan pada batas waktu haji (bulan-bulan haji). Selain itu, termasuk umrah wajib adalah umrah nazar. 2. Umrah sunnah, yaitu umrah yang dilaksanakan sewaktu-waktu atau kapan saja di luar batas waktu haji (bulan-bulan haji).

[1] https://www.axis.co.id/

Tinggalkan Balasan