Niat Puasa Senin Kamis Untuk Meminta Sesuatu

Niat Puasa Senin Kamis Untuk Meminta Sesuatu. Senin merupakan hari istimewa, di mana Nabi Muhammad SAW dilahirkan, wajar jika perisitwa itu dijadikan latar belakang kebiasaan Nabi berpuasa. Sementara hari Kamis, sebagaimana dikutip dari hadist Syekh Abu Zakariya Al-Anshori, dalam karyanya Fathul Wahhab adalah hari di mana amal diperlihatkan.

Bodybuilding Benefits of Sweet Potatoes | Livestrong.com oxavar uses bodybuilding mix


“Amal itu diperlihatkan di hadapan Allah pada hari Senin dan hari Kamis. Aku gembira sekali amalku diperlihatkan di saat aku sedang berpuasa,” sabda Rasulullah SAW dalam HR Turmudzi dan selainnya

Melalui karyanya, Attajrid Linaf’il Abid, Hasyiyah ala Fathil Wahhab Syek Bujairimi menjeaskan bahwa: “Di saat aku sedang berpuasa” maksudnya, berdekatan dengan aktivitas puasa. Karena, amal perbuatan diperlihatkan selepas matahari terbenam saat orang sudah membatalkan puasanya.

“Amal perbuatan seseorang diperlihatkan di hadapan Allah SWT pada hari Senin dan hari Kamis. Di hadapan para nabi, ayah, dan ibu yang bersangkutan sendiri, amal diperlihatkan pada hari Jum’at. Sementara di hadapan Rasulullah, amal seseorang diperlihatkan setiap hari.” Dikutip dari Tsa’alabi.

Itulah alasan mengapa puasa sebaiknya dilakukan secara rutin pada hari Senin dan Kamis bagi umat muslim sesuai dengan yang telah dicontohkan Nabi Muhammad SAW.

Bagi sebagian muslim menjadi sarana seseorang untuk menggapai kesuksesan. Salah satunya bagi mendiang mantan Presiden Indonesia B.J. Habibie yang beranggapan, puasa Senin Kamis sebagai salah satu kunci kesuksesan dalam hidupnya.

“Mantan Presiden Republik Indonesia, B.J. Habibie, yang dikenal sebagai sosok yang rutin berpuasa Senin Kamis. Beliau menganggap puasa Senin Kamis adalah salah satu kunci sukses dalam hidupnya,” tulis Muhammad Safrodin dalam buku Sunah-Sunah Kecil Berpahala Besar.

Untuk itu, pada dasarnya, ibadah sunnah termasuk puasa Senin Kamis merupakan sarana bagi umat muslim dalam mendekatkan diri pada Allah SWT. Bila seseorang sudah merasa dekat dengan Allah SWT, bukan tidak mungkin doa-doa untuk meminta sesuatu diperkenankan olehNya.

Berkenaan dengan hal tersebut, Allah SWT berfirman dalam surat Al Baqarah ayat 186 yang berbunyi,

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ ۖ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ ۖ فَلْيَسْتَجِيبُوا لِي وَلْيُؤْمِنُوا بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ

Artinya: “Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu (Muhammad) tentang Aku, maka sesungguhnya Aku dekat. Aku Kabulkan permohonan orang yang berdoa apabila dia berdoa kepada-Ku. Hendaklah mereka itu memenuhi (perintah)-Ku dan beriman kepada-Ku, agar mereka memperoleh kebenaran.”

Menjalankan puasa sunnah ini, tentunya harus didahului dengan membaca niat puasa Senin Kamis. Namun umat muslim tak perlu khawatir jika tidak hafal niat puasa Senin Kamis. Niat bisa dibaca dengan bahasa yang paling sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Adapun bacaan niat puasa Senin Kamis dan doa berbuka puasanya dilengkapi dengan arab, latin, dan artinya dapat disimak pada penjelasan berikut,

Niat Puasa Senin Kamis Untuk Meminta Sesuatu

niat puasa senin kamis untuk meminta sesuatu - dawuh guru

Doa Niat Puasa Senin

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Bacaan latin: Nawaitu sauma yaumal itsnaini sunnatan lillahi ta’ala. Saya niat puasa hari Senin, sunah karena Allah ta’ala

Artinya: “Saya niat puasa sunnah hari Senin, sunnah karena Allah Taala.”

Doa Niat Puasa Kamis

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Bacaan latin: Nawaitu sauma yaumal khomiisi sunnatan lillahi ta’ala. Saya niat puasa hari Kamis, sunah karena Allah ta’ala

Artinya: “Saya niat puasa sunnah hari Kamis, sunnah karena Allah Taala.”

Doa Berbuka Puasa Senin Kamis

– Doa berbuka puasa Senin Kamis versi pertama

ذَهَبَ الظَّمَـأُ، وابْــتَلَّتِ العُرُوقُ، وثَــبَتَ الأَجْرُ إِن شَاءَ اللهُ

Bacaan latin: Dzahabaz zhama’u wabtallatil ‘uruqu wa tsabatal ajru, insyaallah

Artinya: “Rasa dahaga telah hilang, kerongkongan telah basah dan atas kehendak Allah pahala telah ditetapkan. Insya Allah.”

– Doa berbuka puasa Senin Kamis versi kedua

اَللّٰهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Bacaan latin: Allaahumma lakasumtu wabika aamantu wa’alaa rizqika afthortu birahmatika yaa arhamar-roohimiina.

Artinya: “Ya Allah karenaMu aku berpuasa, denganMu aku beriman, kepadaMu aku berserah dan dengan rezekiMu aku berbuka (puasa), dengan rahmatMu, Ya Allah yang Tuhan Maha Pengasih.”

Rasulullah SAW dikenal rutin melakukan puasa Senin Kamis selama hidupnya. Sebagai umatnya, sudah sebaiknya kita meneladani apa yang dicontohkan oleh beliau. Beliau juga pernah menjelaskan salah satu dari sekian banyak keistimewaan puasa Senin Kamis seperti,

تُعْرَضُ الأَعْمَالُ يَوْمَ الاِثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ فَأُحِبُّ أَنْ يُعْرَضَ عَمَلِى وَأَنَا صَائِمٌ

Artinya: “Berbagai amalan dihadapkan (pada Allah) pada hari Senin dan Kamis, maka aku suka jika amalanku dihadapkan sedangkan aku sedang berpuasa.” (HR Tirmidzi).

Demikian adalah Niat Puasa Senin Kamis Untuk Meminta Sesuatu yang bisa kami sajikan, semoga bermanfaat.

Manfaat Puasa Senin Kamis

niat puasa senin kamis untuk meminta sesuatu - dawuh guru

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Mungkin tak banyak yang tahu, puasa Senin Kamis bermanfaat untuk menurunkan risiko aterosklerosis, yaitu penyumbatan arteri lantaran partikel lemak.

Saat berpuasa, lemak akan dipakai sebagai cadangan energi. Hormon adrenalin dan nonadrenalin pun akan berkurang. Kondisi tersebut membantu tubuh untuk menjaga metabolisme tetap stabil sehingga tekanan darah dapat turun.

Merujuk beberapa penelitian, menjadikan puasa ke dalam rutinitas mungkin sangat bermanfaat dalam hal kesehatan jantung. Puasa Senin Kamis secara rutin dapat membantu mengurangi kadar kolesterol ‘jahat’ LDL dan trigliserida.

  1. Mengeluarkan Racun dalam Tubuh

Puasa Senin Kamis diketahui dapat membantu mengeluarkan racun dalam tubuh. Racun yang bercampur dalam lemak, darah, atau bagian yang lain berasal dari makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari.

Selain berolahraga, cara mengeluarkan racun ini adalah dengan berpuasa. Saat seseorang berhenti mengonsumsi makanan dan minuman minimal selama sehari, racun dapat dikeluarkan dengan efektif.

Pengeluaran racun dapat melalui keringat, buang air kecil maupun saat buang air besar. Bila racun-racun tersebut sudah keluar, tubuh bakal terasa lebih sehat dan bugar.

  1. Menurunkan Kadar Lemak

Manfaat lain puasa Senin Kamis adalah menurunkan kadar lemak. Perlu diketahui, lemak berlebih dalam tubuh dapat menimbulkan berbagai masalah seperti kolesterol dan jantung.

Maka itu, kelebihan lemak dalam tubuh harus dihilangkan. Satu di antara manfaat puasa Senin Kamis adalah membantu menghilangkan lemak tak sehat tersebut.

Saat berpuasa, tubuh menggunakan lemak sebagai sumber energi. Alhasil, lemak berlebih akan berkurang dan tubuh akan terhindar dari gangguan penyakit, seperti tekanan darah tinggi maupun kolesterol.

  1. Mengistirahatkan Organ Pencernaan

Perlu diketahui, sistem pencernaan dalam tubuh mempunyai banyak peran dan membutuhkan energi dalam jumlah besar. Sistem pencernaan dapat mengalirkan energi yang dibutuhkan untuk penyembuhan, perbaikan, dan pemeliharaan umum tubuh.

Maka itu, penting untuk memberinya istirahat. Sistem pencernaan manusia juga perlu istirahat dalam waktu tertentu agar bisa bekerja maksimal.

Saat berpuasa Senin Kamis, pencernaan secara rutin akan beristirahat dari tekanan mencerna makanan. Dengan demikian, fungsi sistem pencernaan akan terus terjaga kinerjanya.

Sistem pencernaan yang sehat bakal membuat manusia jauh dari penyakit pencernaan. Misalnya, masalah lambung, sembelit, diare, dan masih banyak lagi.

  1. Mengontrol Gula Darah

Senin Kamis bermanfaat untuk mengatur tingkat gula darah. Puasa akan membuat tubuh menghancurkan glukosa untuk mendapatkan energi.

Hal ini akan menurunkan produksi insulin tubuh. Hasilnya, tubuh akan mengalami penurunan gula darah. Puasa Senin Kamis secara rutin turut mencegah lonjakan gula darah.

Selanjutnya, manfaat puasa akan membantu mengurangi resistensi insulin. Mengurangi resistensi insulin dapat meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin.

Dengan demikian, memungkinkannya untuk memindahkan glukosa dari aliran darah ke sel-sel dengan lebih efisien.

  1. Melembutkan Hati dan Turunkan Hawa Nafsu

Puasa dalam keyakinan agama Islam memang menduduki posisi yang mulia. Selain mendapatkan pahala yang besar, orang yang rajin berpuasa juga akan dianugerahi kelembutan hati dan hawa nafsunya terhadap dunia akan berkurang.

 

Rekomendasi