Keluarga Haji Sulaiman Sebanyak 11 Orang Zakat Fitrah Yang Harus Dikeluarkan Sebanyak?


Notice: Trying to get property 'post_excerpt' of non-object in /home/dawuhgur/domains/dawuhguru.co.id/public_html/wp-content/themes/wpberita/template-parts/content-single.php on line 98

Keluarga Haji Sulaiman Sebanyak 11 Orang Zakat Fitrah Yang Harus Dikeluarkan Sebanyak 27,5 Kg Beras. Karena Zakat Fitrah = Beras Senilai 3,5 Liter atau 2,5 Kg per orang. Sementara Jumlah keluarga H. Sulaiman = 11. Maka Zakat Fitrah yg harus dikeluarkan = 11 x 3,5 liter = 38,5 liter Beras atau 11 x 2,5 Kg = 27,5 Kg Beras.

Zakat Fitrah = Beras Senilai 3,5 Liter atau 2,5 Kg per orang.

Jumlah keluarga H. Sulaiman = 11.

Maka Zakat Fitrah yg harus dikeluarkan = 11 x 3,5 liter = 38,5 liter Beras atau 11 x 2,5 Kg = 27,5 Kg Beras.

Waktu Yang Utama Untuk Mengeluarkan Zakat Fitrah Adalah

Keluarga Haji Sulaiman Sebanyak 11 Orang Zakat Fitrah Yang Harus Dikeluarkan Sebanyak

Terdapat beberapa waktu yang berkaitan dalam membayar zakat fitrah, mulai dari waktu wajib hingga yang haram merujuk Islami.co, sebagai berikut:

  1. Waktu Mubah, yaitu awal bulan Ramadan sampai hari penghujung Ramadan. Waktu ini merupakan yang paling sering dilakukan umat Islam untuk membayar zakat.
  2. Waktu Wajib, yaitu mulai terbenamnya matahari di akhir bulan Ramadan.
  3. Waktu Sunah, yaitu sesudah salat subuh sebelum salat Idulfitri.
  4. Waktu Makruh, yaitu sejak selesai salat Idulfitri sampai sebelum terbenam matahari pada hari raya 1 Syawal.
  5. Waktu Haram, yaitu sesudah terbenam matahari pada hari raya Idulfitri atau setelah lewat 1 Syawal.

Dengan demikian, zakat fitrah dapat dikeluarkan di hari-hari terakhir bulan suci Ramadan, sebelum waktu salat Idulfitri. Hal inilah yang menjadi pembeda zakat fitrah dengan sedekah-sedekah lainnya.

Sebagaimana tercantum pada hadis Rasulullah shalallahu alaihi wassalam:

مَنْ أَدَّاهَا قَبْلَ الصَّلاَةِ فَهِىَ زَكَاةٌ مَقْبُولَةٌ وَمَنْ أَدَّاهَا بَعْدَ الصَّلاَةِ فَهِىَ صَدَقَةٌ مِنَ الصَّدَقَاتِ.

“Barangsiapa yang menunaikan zakat fitri sebelum salat Id maka zakatnya diterima dan barangsiapa yang menunaikannya setelah salat Id maka itu hanya dianggap sebagai sedekah di antara berbagai sedekah.” (HR. Abu Daud).

Usai mengetahui waktu utama mengeluarkan zakat fitrah, usahakan untuk tepat waktu menunaikannya. Membayar lebih awal saat bulan Ramadan tentu jauh lebih baik daripada terlambat. Sebab apabila terlambat atau terlewat maka tidak terhitung melaksanakan kewajiban berzakat.

Akibat Orang Yang Tidak Mau Mengeluarkan Zakat Fitrah

Keluarga Haji Sulaiman Sebanyak 11 Orang Zakat Fitrah Yang Harus Dikeluarkan Sebanyak

Beberapa akibat bagi orang yang tidak mengeluarkan zakat fitrah diantaranya ialah, mareka akan disiksa dengan siksaan yang teramat pedih karena zakat fitrah sendiri merupakan rukun islam yang keempat yang wajib dilaksanakan oleh seluruh muslim, disiksa dengan hukuman yang sama dengan orang yang kufur dan harta yang mareka miliki tidak akan berkah.

Zakat merupakan salah satu rukun islam ke empat yang wajib untuk kita kerjakan yang mana ketika zakat tidak kita kerjakan maka kita akan mendapat dosa dari allah SWT. Salah satu ayat al quran yang menyebutkan dan menyuruh untuk membayar zakat ialah surah albaqarah ayat 43

وَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ وَآتُوا الزَّكَاةَ وَارْكَعُوا مَعَ الرَّاكِعِينَ

Yang artinya

Dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan ruku’lah beserta orang-orang yang ruku’.

dan dalam beberapa hadist juga di sebutkan ancaman bagi orang yang enggan menunaikan zakat.Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَا مِنْ صَاحِبِ ذَهَبٍ وَلاَ فِضَّةٍ لاَ يُؤَدِّي مِنْهَا حَقَّهَا إِلاَّ إِذَا كَانَ يَوْمَ القِيَامَةِ صُفِحَتْ لَهُ صَفَائِحُ مِنْ نَارٍ، فَأُحْمِيَ عَلَيْهَا فِي نَارِ جَهَنَّمَ، فَيُكْوَى بِهَا جَبْهَتُهُ وَجَنْبُهُ وَظَهْرُهُ، كُلَّمَا بَرُدَتْ أُعِيْدَتْ إِلَيْهِ فِي يَوْمٍ كَان مِقْدَارُهُ خَمْسِيْنَ أَلْفَ سَنَةٍ، فَيَرَى سَبِيْلَهُ إِمَّا إِلَى الجَنَّةِ، وَإِمَّا إِلَى النَّارِ

yang artinya

“Siapa saja yang memiliki emas atau perak tapi tidak mengeluarkan zakatnya melainkan pada hari kiamat nanti akan disepuh untuknya lempengan dari api neraka, lalu dipanaskan dalam api neraka Jahannam, lalu disetrika dahi, rusuk dan punggungnya dengan lempengan tersebut. Setiap kali dingin akan disepuh lagi dan disetrikakan kembali kepadanya pada hari yang ukurannya sama dengan lima puluh ribu tahun. Kemudian ia melihat tempat kembalinya apakah ke surga atau ke neraka.”

Baca Juga  Hukum Investasi Forex Dalam Islam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *