Gus Kautsar dan Gus Salam Mundur dari Pengurus PBNU, ini Jawabannya

Ulama muda Nahdlatul Ulama menarik diri dari pengurusan PBNU 2022-2027. Mereka ialah KH. Abdus Salam Shohib (Gus Salam) dan KH. Abdurrohman Al-Kautsar (Gus Kautsar).

Gus Salam disuruh untuk selalu berusaha berkhitmad untuk Nahdlatul Ulama bersama beberapa Kiai sepuh, di PWNU Jawa Timur.

“Ya, atas instruksi Kiai Sepuh supaya kami masih tetap istiqomah berkhidmat menemani Rais dan Ketua PWNU Jawa Timur,” tutur Gus Salam, Wakil Ketua PWNU Jawa Timur, dalam info Kamis, 27 Januari 2022.

Dalam pada itu, seperti dikutip Timeindonesia.co.id, Gus Kautsar berbicara singkat jika yang memerintah dia dan Gus Salam khidmah ialah Kiai Nurul Huda Djazuli.

“Ya, kami ditaruh dimanapun monggo kerso beliau. Beliau lebih pirso (pahami lahir batin) kualitas kami dari dalam diri kami. Sam’an wa tha’atan (dengar dan menaati),” papar Gus Kautsar menambah.

Gus Kautsar ialah putra KH. Nurul Huda Djazuli, Pengasuh Pesantren Al Falah Ploso Mojo Kediri. Sedang Gus Salam ialah putra KH. Sahabat karib Bisri, yang tidak lain ialah cucu KH Bisri Syansuri (Pendiri Pesantren Mambaul Maarif Denanyar Jombang dan Rais Aam PBNU 1970-1980).

Tentang itu, KH. Nurul Huda menulis surat dengan cara resmi yang diperuntukkan ke Rais Aam PBNU KH. Miftachul Akhyar dan Ketua Umum PBNU KH. Yahya Cholil Staquf, tertanggal 13 Januari 2022. Pada Selasa, 18 Januari 2022, dikatakan Gus Kautsar dan Gus Salam hal mundur dari PBNU pada tatap muka di Lirboyo.

Mundurnya dua ulama muda itu, tidak ada hubungan dengan permasalahan PKB dan hubungan dengan NU. “Ini murni karena ke-2 nya berkhidmat untuk perkuat barisan PWNU Jawa Timur,” papar Syukron Dossy, Wakil Sekretaris PWNU Jawa timur memperjelas.

Dalam barisan Pengurus PBNU 2022-2027, beberapa figure di barisan PWNU Jawa Timur mendapatkan amanah untuk perkuat formasi pengurusan (*)

Rekomendasi