Nasihat Ning Jazil tentang Kekuatan Ketekunan

Nasihat Ning Jazil
sumber : google
“Sesuatu yang besar bermula dari hal yang kecil yang ditekuni dengan sabar.”
Ning Jazilah An Nahdliyah

Dari Kecil Menjadi Besar: Kekuatan Ketekunan dan Kesabaran untuk Milenial dan Gen-Z

Di zaman sekarang, kita sering kali terpesona oleh kesuksesan besar dan pencapaian spektakuler yang terlihat di media sosial. Kita melihat selebriti, pengusaha, dan influencer yang tampak mencapai kesuksesan dengan cepat dan mudah. Namun, di balik semua itu, ada sebuah kebenaran yang sederhana namun mendalam: “Sesuatu yang besar bermula dari hal yang kecil yang ditekuni dengan sabar.” Kutipan dari Ning Jazilah An Nahdliyah ini mengajarkan kita bahwa ketekunan dan kesabaran adalah kunci utama untuk mencapai sesuatu yang luar biasa dalam hidup.

Bagi milenial dan gen-Z, yang hidup di tengah derasnya arus informasi dan tekanan untuk mencapai kesuksesan instan, pesan ini sangat relevan. Kita sering terjebak dalam mentalitas instan, di mana kita menginginkan hasil cepat tanpa melalui proses yang panjang dan melelahkan. Padahal, segala sesuatu yang besar dimulai dari langkah-langkah kecil yang konsisten dan ditekuni dengan penuh kesabaran.

Mari kita ambil contoh dalam dunia pendidikan. Bagi seorang siswa atau mahasiswa, mendapatkan nilai yang baik atau lulus dengan predikat cum laude mungkin terlihat sebagai pencapaian besar. Namun, di balik itu semua, ada proses panjang yang melibatkan belajar setiap hari, menghadapi ujian, dan mengerjakan tugas-tugas dengan tekun. Setiap jam yang dihabiskan untuk belajar, setiap catatan yang ditulis, setiap soal latihan yang dikerjakan adalah langkah-langkah kecil yang, ketika dikumpulkan, membawa pada pencapaian besar.

Begitu pula dalam dunia karir. Banyak dari kita yang bercita-cita menjadi sukses dalam pekerjaan atau bisnis. Kita ingin mencapai posisi tinggi, mendapatkan gaji besar, atau memiliki bisnis yang berkembang pesat. Namun, untuk mencapai itu semua, kita harus memulai dari langkah-langkah kecil. Misalnya, seorang karyawan baru di sebuah perusahaan mungkin memulai dengan tugas-tugas sederhana. Tetapi dengan ketekunan dan kesabaran, menyelesaikan setiap tugas dengan baik dan terus belajar, lambat laun ia bisa naik pangkat dan mencapai posisi yang diimpikan.

Baca Juga  Dawuh KH. Chudlori tentang Sifat Iri Hati

Ketekunan dan kesabaran juga sangat penting dalam mengembangkan keterampilan. Bagi mereka yang tertarik pada bidang seni, seperti musik, menulis, atau melukis, pencapaian besar seperti merilis album, menulis buku bestseller, atau mengadakan pameran seni tidak terjadi dalam semalam. Setiap seniman besar pernah memulai dengan coretan pertama, nada pertama, atau kalimat pertama. Dengan terus berlatih dan tidak mudah menyerah, mereka akhirnya mencapai kesuksesan besar.

Dalam konteks kehidupan sehari-hari, kita juga bisa melihat pentingnya ketekunan dan kesabaran dalam hal-hal kecil. Misalnya, menjaga kesehatan. Untuk mencapai tubuh yang sehat dan bugar, kita harus konsisten dalam menjalani gaya hidup sehat, seperti berolahraga secara teratur, makan makanan bergizi, dan cukup istirahat. Setiap kebiasaan sehat yang kita tanamkan dalam keseharian, walaupun kecil, akan berdampak besar pada kesehatan kita di masa depan.

Teknologi dan media sosial sering kali membuat kita merasa bahwa segala sesuatu harus instan dan cepat. Namun, kita harus ingat bahwa segala sesuatu yang berharga membutuhkan waktu dan usaha. Misalnya, dalam membangun hubungan yang baik dengan keluarga, teman, atau pasangan. Hubungan yang kuat dan sehat tidak terbentuk begitu saja. Mereka membutuhkan komunikasi yang baik, pengertian, dan saling menghargai yang dilakukan secara konsisten.

Pesan Ning Jazilah An Nahdliyah ini juga relevan dalam konteks pengembangan diri. Bagi milenial dan gen-Z yang sering merasa terburu-buru untuk mencapai segala sesuatu, penting untuk mengingat bahwa perjalanan menuju kesuksesan adalah maraton, bukan sprint. Setiap langkah kecil yang kita ambil hari ini, setiap usaha yang kita lakukan dengan penuh ketekunan dan kesabaran, adalah investasi untuk masa depan yang lebih baik.

Contoh konkret lainnya adalah dalam dunia startup. Banyak perusahaan teknologi besar yang kita kenal hari ini, seperti Apple, Google, atau Facebook, dimulai dari ide-ide kecil yang ditekuni dengan sabar oleh para pendirinya. Mereka menghadapi banyak tantangan dan kegagalan di awal perjalanan mereka, tetapi dengan ketekunan dan kesabaran, mereka terus bekerja keras hingga akhirnya mencapai kesuksesan besar.

Baca Juga  Dawuh Gus Mus tentang Keagungan dalam Kerendahan Hati

Untuk milenial dan gen-Z, penting untuk menyadari bahwa tidak ada jalan pintas menuju kesuksesan. Ketekunan dalam melakukan hal-hal kecil setiap hari adalah kunci utama. Misalnya, jika kita ingin menjadi ahli dalam suatu bidang, kita harus bersedia meluangkan waktu setiap hari untuk belajar dan berlatih. Ini bisa berarti membaca buku, mengikuti kursus online, atau mencari mentor yang bisa membimbing kita.

Selain itu, kita juga perlu mengembangkan sikap sabar dalam menghadapi proses yang panjang. Sering kali, kita merasa frustrasi ketika hasil yang kita inginkan tidak segera terwujud. Namun, dengan memahami bahwa setiap usaha kecil yang kita lakukan adalah bagian dari perjalanan menuju sesuatu yang besar, kita bisa lebih sabar dan menikmati prosesnya.

Penting juga untuk membangun mentalitas yang menghargai setiap langkah kecil. Setiap pencapaian kecil yang kita raih, seberapa pun kecilnya, adalah langkah maju menuju tujuan besar kita. Dengan merayakan setiap kemajuan kecil, kita bisa tetap termotivasi dan terus bergerak maju.

Kutipan dari Ning Jazilah An Nahdliyah ini adalah pengingat yang berharga bahwa ketekunan dan kesabaran adalah kunci untuk mencapai hal-hal besar dalam hidup. Bagi milenial dan gen-Z, yang sering kali dihadapkan pada tekanan untuk mencapai kesuksesan dengan cepat, penting untuk menyadari bahwa segala sesuatu yang berharga membutuhkan waktu, usaha, dan dedikasi. Dengan memulai dari hal-hal kecil dan ditekuni dengan sabar, kita bisa mencapai impian dan tujuan besar kita.

Kesimpulannya, sesuatu yang besar memang selalu bermula dari hal yang kecil yang ditekuni dengan sabar. Bagi generasi milenial dan gen-Z, ini adalah pelajaran berharga bahwa kesuksesan tidak datang dengan instan. Setiap langkah kecil yang kita ambil dengan ketekunan dan kesabaran akan membawa kita lebih dekat pada pencapaian besar. Jadi, mari kita terus bekerja keras, tetap sabar, dan jangan pernah meremehkan kekuatan dari hal-hal kecil yang kita lakukan setiap hari.