Biografi Lengkap K.H. Mahfudh Salam Beserta Ajarannya

K.H. Mahfudh Salam dilahirkan di Kajen, Pati, Jawa Tengah. Tidak diketahui secara pasti tahun kelahiran beliau. Diperkirakan beliau lahir sekitar tahun 1319 H atau pada tahun 1899-1900 M. Nama Mahfudh sendiri beliau dapatkan ketika berada di Madinah. Semasa kecil beliau memakai nama pemberian orang tua, yaitu Mustahal. Ketika di Makkah beliau memakai nama Munawir. Diantara beberapa nama tersebut, hingga akhir hayat beliau memakai nama Mahfudh.

K.H. Mahfudh Salam adalah putra kedua dari K.H. Abdussalam dari istri pertama yaitu Nyai Sumirah. Pasangan ini dikaruniai tiga orang anak, yaitu Aisyah (istri K. Kholil Mansur Lasem), Mustahal atau K.H. Mahfudh Salam, dan Sujkai’i (meninggal di usia muda). K.H. Abdussalam kemudian menikah lagi setelah Nyai Suminah wafat. Dari istri kedua beliau dikarunia empat orang anak, yaitu K.H. Abdullah Zein Salam, K.H. Ali Mukhtar, seorang putri yang meninggal pada usia empat tahun, dan Sa’udah. Adapun dari istri ketiga dan keempat K.H. Abdussalam tidak mendapatkan keturunan.

K.H. Mahfudh Salam juga merupakan keturunan dari K.H. Ahmad Mutamakkin dari jalur nasab sang ayah. Berikut silsilah beliau : K.H. Mahfudh bin K.H. Abdussalam bin K.H. Abdullah bin Kiai Isma’il bin Nyai Mutiroh binti K.H. Bunyamin bin Nyai Thoyyibah binti Kiai Muhammad Hendro Kusumo bin K.H. Ahmad Mutamakkin.

K.H. Mahfudh Salam mulai belajar dan mendalami ilmu agama kepada ayah beliau, K.H. Abdussalam dan kepada Kiai-Kiai lain disekitar kajen. Hal tersebut beliau jalani hingga menginjak usia remaja.Sebuah kisah menceritakan, ketika memasuki bulan suci Ramadhan hari-hari beliau penuh dengan tadarus Al-Qur’an di masjid jami’ Kajen. Karena kebiasaan beliau dalam membaca Al-Qur’an tersebut beliau mampu untuk meng­hafalkan Al-Qur’an dalam waktu yang sangat singkat. Yaitu ketika mengantarkan adik beliau Abdullah Zein Salam untuk mengaji Al-Qur’an di Sampang, Madura di bawah bimbingan K.H. Muhammad Said. Supaya sang adik betah di Sampang, beliau ikut tinggal di Sampang menemani sang adik. Melihat semangat sang adik dalam mengaji, K.H. Mahfudh Salam mulai tertarik untuk menghafal Al-Qur’an dan beliau mengkhatamkan hafalannya dalam waktu dua minggu.

K.H. Mahfudh Salam remaja juga terkenal tekun dan memiliki sema­ngat tinggi. Rasa haus akan ilmu mendorong beliau untuk tak berhenti mencari ilmu hingga keluar Nusantara. Kota Makkah dan Madinah menjadi tujuan beliau untuk menimba ilmu. Di Makkah beliau memperdalam keilmuan dengan mengaji kepada ulama’-ulama’ tanah haram pada masa itu. Di antaranya Sayyid Alawi Al-Maliky Al-Makky, K.H. Muhammad Subakir bin Nur Al-Jugjawi seorang Kiai asal Yogyakarta yang kemudian bermukim di Makkah, dan beberapa ulama’ Hijaz lainnya.Di antara teman beliau di Makkah adalah Abah K.H. Maimun Zubair, Sarang dn K.H. Khalil Kudus. Beliau bermukim di tanah haram selama sekitar empat tahun untuk mendalami ilmu agama sekaligus menunaikan ibadah haji.

Menikah dengan Putri Seorang Kiai

Setelah sekitar empat tahun menimba ilmu di kota Makkah, K.H. Mahfudh Salam memutuskan untuk pulang ke tanah air tepat sebelum terjadinya gejolak politik di tanah haram yang membawa kelompok Wahabi menguasai pemerintahan Arab Saudi atau sekitar tahun 1343 H/1925 M. Tak lama setelah kepulangan beliau dari tanah haram beliau dinikahkan dengan Nyai Badi’ah, putri dari Kiai Dimyati Sedan. Namun kecintaan beliau terhadap ilmu sama sekali tidak berkurang meskipun telah menikah. Beliau tetap melanjutkan mengaji meskipun telah memiliki seorang istri. Setelah menikah dengan Nyai Badi’ah beliau memutuskan untuk me­lan­jutkan tholabul ‘ilmi, mengaji ke Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang dibawah bimbingan K.H. Hasyim Asy’ari. Setibanya di Tebuireng beliau justru diminta untuk mengajar para santri karena Hadratus Syaikh Hasyim Asy’ari mengetahui keluasan dan kedalaman ilmu K.H. Mahfudh Salam. Sebagian besar dari murid-murid K.H. Mahfudh Salam ketika mengajar di Tebuireng dikemudian hari menjadi Kiai-Kiai pesantren di kawasan masing-masing, diantaranya; Kiai Suyuti Abdul Qodir (pesantren Raudlatul Ulum Guyangan Pati) dan K.H. Fattah Hasyim Jombang (yang kemudian menjadi mertua K.H. M.A. Sahal Mahfudh). Selain di Tebuireng, beliau juga mengaji kepada K.H. Ma’shum (pengarang tafsiran ilmu shorof) di Kwaro, Jombang, Jawa Timur.

Baca Juga  Dawuh Mbah Moen tentang Rendah Hati dan Peka terhadap Dosa

Pengabdian Terhadap Pengetahuan Agama

Setelah menyelesaikan perjalanan panjang dalam menuntut ilmu, pada sekitar tahun 1928 M beliau memutuskan untu kembali ke Kajen, beliau mengabdikan ilmu yang beliau dapatkan dengan mengajar di pesantren dan madrasah. Ketika itu madrasah yang didirikan oleh sang ayahanda K.H, Abdussalam masih belum memiliki nama. Beliau kemudian mengu­sulkan pemberian nama Mathali’ul Falah. Beliau terinspirasi dari nama madrasah yang beliau tempati selama di tanah haram, yaitu Al-Falah. Hal itu juga sebagai bentuk tabarukan dan tafa’ulan terhadap madrasah Al-Falah tersebut.

K.H. Mahfudh Salam merupakan pelopor pembaruan di Perguruan Islam Mutholi’ul Falah. Beliau mempunyai gagsan untuh mengubah sistem pengajaran di sana. Pengajaran diubah menggunakan sistem klasikal yang berjenjang. Pembelajaran juga menggunakan kurikulum yang sistematis dan fungsional. Sistem klasikal tersebut menggunakan bentuk shifir, yaitu shifir awal, shifir tsani, dan shifir tsalits. Kemudian kelas satu, kelas dua, kelas tiga, kelas empat, kelas lima dan kelas enam. Penerapan sistem ini oleh K.H. Mahfudh Salam sebagaimana sistem yang diberlakukan oleh K.H. Wahid Hasyim di Pondok Pesantren Tebuireng.

Selain mengembangkan ilmu pengetahuan agama di desa Kajen, beliau juga memperhatikan daerah-daerah di sekitar desa Kajen. Daerah-daerah tersebut umumnya berada di Kabupaten Pati yang masyarakatnya masih sangat minim akan pengetahuan agama. Beliau mengirim tenaga pengajar ke daerah-daerah tersebut. Salah satu pengajar yang sering dikirim oleh K.H. Mahfudh Salam adalah K.H. Rifa’i Nasuha.

K.H. Mahfudh Salam mendedikasikan seluruh hidupnya untuk ilmu pengetahuan agama. Beliau memiliki semangat yang sangat tinggi dalam mencari ilmu. Sikap itu telah tertanam dalam diri beliau sejak masih kecil, ketika beliau masih berada dalam didikan ayahanda beliau, K.H. Abdussalam. Beliau juga tidak menutup diri dari dunia luar. Beliau bahkan berlangganan surat kabar Melayu meskipun beliau tidak bisa membaca tulisan latin. Kiai Mahfudh memerintahkan santrinya yang mampu membaca tulisan latin untuk membacakan surat kabar tersebut. Hal tersebut dilakukan dengan tuju­an untuk mendapatkan informasi dan tidak buta mengenai perkem­bangan dunia.

Baca Juga  Dawuh Gus Rifqil Muslim tentang Menjaga Moral di Era Digital

Berjuang Melawan Penjajah          

K.H. Mahfudh Salam merupakan ulama’ dengan rasa nasionalisme yang tinggi. Sepak terjang beliau melawan penjajah menjadikan beliau sebagai buronan utama dari para penjajah. Beliau bahkan harus mem­per­taruhkan nyawanya dalam perjuangan untuk kemedekaan. Kehidupan beliau sungguh penuh dengan nilai-nilai keteladanan.

Menjelang masuknya Jepang ke Indonesia, situasi politik dan keama­nan wilayah semakin tidak menentu. K.H. Mahfudh Salam menggerakkan santri dan warga untuk meningkatkan perlawanan terhadap penjajah. Pada sekitar tahun 1942 K.H. Mahfudh Salam menyerang dan membakar Rumah Sakit Kristen (RSK) Tayu. Rumah sakit ini merupakan salah satu pusat penyebaran agama Kristen di Tayu dan sekitarnya sekaligus pusat kekuatan tentara Belanda. Sehingga menyerang RSK Tayu berarti mematahkan simbol penjajah sekaligus kristenisasi.

K.H Mahfudh Salam juga menyerang pegadaian dan mengembalikan barang-barang yang ada di pegadaian kepada pemiliknya tanpa tebusan sepeserpun. Sebab beliau khawatir jika barang-barang tersebut jatuh ke tangan Jepang maka akan dirampas begitu saja. Serangan tersebut menuebabkan beliau menjadi buronan polisi dan tentara Belanda. Merasa tidak aman berada di wilayah Pati, beliau memutuskan untuk mengungsi untuk sementara waktu. Beliau bersama tiga orang santrinya mengungsi ke daerah Senori, Tuban.

Pencarian terhadap keberadaan beliaupun terus dilakukan polisi dan tentara Belanda namun keberadaan beliau tidak dapat dilacak oleh mereka. Penjajah Belanda yang kesulitan menangkap maupun mendapatkan informasi mengenai keberadaan K.H. Mahfudh Salam akhirnya frustasi dan menangkap tiga orang Kiai besar di Kajen, para Kiai tersebut adalah K.H. Abdussalam ayah beliau sendiri, K.H. Nawawi dan K.H. Mukhtar. Para Kiai ini ditangkap karena dianggap melindungi tokoh yang menentang penjajah.

K.H. Mahfudh Salam yang mendengar berita penangkapan ini akhirnya menyerahkan diri dan ditangkap di stasiun Bangilan. Selanjutnya beliau dibawa ke penjara Pati. Tidak lama berada di penjara Pati, beliau dipindah­kan ke penjara Ambarawa. Hal itu disebabkan karena penjajah menganggap bahwa penjara di Pati tidak aman untuk menahan K.H. Mahfudh Salam.

Selepas dipindahkannya K.H. Mahfudh Salam dari penjara Pati ke penjara Ambarawa, keadaan beliau tidak diketahui secara pasti. Ada yang mengatakan bahwa perjuangan beliau masih tetap berlanjut dan tidak berhenti dibalik jeruji besi. Beliau tetap berdakwah dan menyebarkan ilmu agama. Banyak tahanan-tahanan penjara yang akhirnya menjadi murid beliau. Hal ini menunjukkan bahwa semangat beliau tidak berkurang sama sekali meskipun berada dalam kondisi yang tidak mendukung.

Wafatnya K.H. Mahfudh Salam dan Karya-karya Beliau

Di penjara, K.H. Mahfudh Salam menulis wasiat kepada dua orang saudara sekaligus murid beliau, yaitu K.H. Abdullah Salam dan K.H. Muhammadun Abdul Hadi. Kepada K.H. Muhammadun Abdul Hadi beliau berpesan untuk mengelola dan mengembangkan Perguruan Islam Mathali’­ul Falah. Akan tetapi karena sikap tawadlu’, K.H. Muhammadun Abdul Hadi memilih untuk sekedar mengawal dan mengawasi berjalannya perguruan Mathali’ul Falah dan menyerahkan wewenang kepada K.H. Abdullah Salam. Adapun kepada K.H. Abdullah Salam beliau berpesan untuk mendidik dan membimbing putra-putra beliau. Akan tetapi putra beliau yang bernama Hasyim (kakak K.H. Sahal Mahfudh) mati syahid tertembak oleh penjajah di daerah Sukolilo, Pati.

Baca Juga  Wakil Presiden Sekaligus Ulama, Mari Mengenal Sosok KH Ma’ruf Amin

Setelah kurang lebih satu tahun berada di penjara, terdengar khabar bahwa K.H. Mahfudh Salam telah berpulang. Beliau wafat karena sudah lama menderita sakit sejak masih berada di penjara Pati. Beliau wafat pada usia yang relatif muda yaitu kurang dari 45 tahun. Diperkirakan beliau wafat pada tanggal 4 Rabi’ul Awwal 1364 H. Ada juga yang menduga beliau meninggal bukan karena sakit, melainkan beliau meninggal setelah disiksa oleh penjajah. Makam Kiai Mahfudh Salam berada di sekitar penjara Ambarawa tepatnya di desa Bugisan. Makam ini ditemukan oleh beberapa Kiai Kajen yang berikhtiar untuk mencari makam Kiai pejuang ini. Setiap Haul K.H. Mahfudh Salam diadakan pengajian dari kerjasama dengan Perguruan Islam Muthali’ul Falah dengan masyarakat setempat.

K.H. Mahfudh Salam merupakan sosok ulama’ dengan cita-cita luhur. Kecintaan beliau sangat tinggi terhadap ilmu pengetahuan, beliau juga terkenal rajin dan juga cerdas. Tapi hal tersebut tidak membuat beliau tinggi hati. Sikap tersebut juga beliau tanamkan kepada putra-putra serta murid-murid beliau.

Jiwa nasionalisme K.H. Mahfudh Salam juga sangat tinggi. Perjuangan beliau melawan penindasan penjajah seakan tak mengenal kata lelah. Semua itu semata-mata demi bersatunya Nusantara. Karena kemerdekaan Indonesialah yang beliau harapkan meskipun nyawa taruhannya, seliau sama sekali tidak gentar.

K.H. Mahfudh Salam juga termasuk ulama’ yang cukup produktif dalam bidang kepenulisan. Di antara kitab-kitab karya beliau adalah:

  • Qawa’idul I’rab

                  merupakan salah satu kitab yang menerangkan tentang kaidah-kaidah dalam i’rab yang ditulis dalam bentuk nadhoman atau syi’iran. Adapun pembahasanya dalam nadhom ini ialah sebagai berikut:

  1. Jumlah dan pembagiannya
  2. Jumlah yang memiliki mahal/kedudukan i’rab
  3. Jumlah yang tidak memiliki mahal i’rab
  4. Jumlah yang jatuh setelah isim naqirah dan makrifat
  5. Fasal dhorof dan jer majrur
  6. Bab adat-adat yang sering digunakan dalam kalam
  7. Makna-makna beberapa huruf jer
  8. Penutupan
  • Nadham Mukhtar fi al-‘Ilmi al-Lughah
  • Mandhumatu al-Waraqah
  • Fara’idu al-I’rab fi Ma’ani al-Ahraf

Dan masih banyak karya-karya beliau yang belum diketemukan maupun yang tidak terdokumentasikan dengan baik.

K.H. Mahfudh Salam merupakan sosok yang patut kita teladani. Sikap serta perilaku beliau penuh dengan nilai-nilai keteladanan. Kehidupan beliau adalah perjuangan. Semoga kita semua bisa mengambil hikmah dan menjadikan kisah-kisah beliau sebagai inspirasi untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. (*)